Minggu, 16 Juni 2013

Menjelajahi Puncak Gunung Sesean (1)

Menikmati Sunrise di Ketinggian

Keindahan alam di tana Toraja memang tidak perlu dipertanyakan lagi, khususnya wisata alam peguunungan. Tetapi untuk objek wisata pegunungan tentunya tidk semua orang dapat melakukannya karena harus siap mendaki tanjakan gunung dan melewati medan yang ekstreme.

Laporan: Wahyudi Yunus
Tampak Sunrise yang Indah.
Gambar Direkam dari Puncak Gunung Sesean Toraja Utara  



Puncak Gunung Sesean adalah salah satu objek wisata alam yang yang sangat menarik dimiliki oleh kabupaten Toraja Utara. Objek wisata ini menjadi pilihan sejumlah wisatawan lokal maupun mancangera serta kelompok pecinta alam untuk melepaaskan kejenuhan dan refreshing.

Puncak gunung Sesean yang terletak di kecamatan Sesean, Toraja Utaraa ini berada disebelah utara kabupaten Toraja Utara. Jika berangkat dari pusat Kota Toraja Utara, waktu yang dihabiskan hingga 45 Menit baru tiba di kaki gunung sesean. Tepat di kaki gunung Sesean kendaraan pengunjung dapat dititipkan disalah satu rumah penduduk yang ada di sekitar kaki gunung Sesean.

Dari kaki gunung yang juga disebut sebagai titik nol pengunjung harus melewati sebanyak delapan Pos untuk tiba di puncak gunung Sesean. 

Untuk refreshing dan melepaskan kejenuhan, Puncak gunung Sesean ini menjadi sasaraan penulis bersama sekelompok mahasiswa Universitas Andi Djemma Kota Palopo untuk berlibur pekan kemarin. Menjelajahi puncak gunung sesean ini adalah kali pertama penulis. Hanya saja beberapa diantara penulis yang berangkat sudah berulang kali kesana. Salah satu diantara kami yang telah berulang kali mengunjungi tempat yang sangat indah itu adalah Rahman.

Awalnya penulis ragu menjajaki pegunungan itu karena melihat medan yang sangat ekstreme. Batuan gunung dengan ukuran raaksasa, jalan licin akibat diguyur hujan, kabut yang mengakibatkan jalan hampir tak terlihat, menjadi salah satu pertimbangan awal untuk berhenti melanjutkan perjalanan kami.

Tetapi karena penasaran menikmati indahnya sunrise dipagi hari dari ketinggian makanya penulis kembali semangat melanjutkan perjalanan. Apalagi menurut Rahman, Dipuncak Gunung Sesean itu Sunrise terlihat sangat indah dan sang fajar terlihat sangat sempurna.

Setelah menitipkan kendaraan dirumah penduduk disekitar kaki gunung Sesean, perjalanan kembali dilanjutkan dengan berjalana kaki mendaki pegunungan itu. Medan ekstreme dan menantang yang penulis ceritakan tadi, ternyata tidak mengurangi semangat penulis dan rombongan. Jatuh bangun melewati lembah dan pegunungan selama perjalanan yang menelan waktu 2 Jam itu akhirnya terobati saat tiba dipuncak Gunung Sesean.

Dari Puncak sangat indah terlihat kota Toraja Utara dan Tana Toraja. Belum lagi pemandangan alam yang indah dengan susunan pepohonan yang tertata rapi membuyarkan rasa capek penulis dan rombongan. Untuk menyaksikan Sunrise seperti yang diharapkan rombongan dan penulis tentunya harus bermalam di puncak gunung Sesean itu.

Malam hari dipuncak semakin membuat rombongan tak ingin pulang. Itu karena keindahan lampu-lampu yang ada di Kota terlihat indah saat disaksikan dari ketinggian puncak Gunung Sesean. Malam haari itu kami habiskan dengan bermain gitar dialam terbuka itu dan menikmati dinginnya embun.

Disubuh hari rombongan terbangun saat Rahman membangunkan kami, ternyata untuk menyaksikan terbitnya fajar atau sunrise. Saat kami bangun menyaksikan sunrise dari puncak gunung Sesean itu, hanya satu kata yang penulis ucapkan "Menakjubkan" benar-benar sangat indah dan menrik.(**)
Share:

0 komentar :

Posting Komentar

PARTAI POLITIK

PARTAI POLITIK
PSI ADALAH PARTAI ANAK MUDA DAN PEREMPUAN

QUOTES

QUOTES

Laman

IKLAN

IKLAN
Segenap Pengurus DPD II KNPI Kota Palopo Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016