Sabtu, 31 Desember 2016

Awal yang Indah, Harus Lebih Baik


TAHUN 2016 telah berlalu. Detik-detik awal tahun ayam api 2017 pun kini mulai kulalui. Tak seperti biasanya, mungkin hanya kali ini saya mengawali tahun masehi dengan cukup sederhana.

Jika pernah saya melalui pergantian tahun masehi di luar daerah, maka kali ini saya hanya berada di Tana Luwu saja, di Tanah Kelahiran, meskipun sangat memungkinkan bagi saya untuk berada di tempat lain. Tak ada pesta, tak ikut dalam aksi konvoi dan menyaksikan pesta kembang api. Apalagi yang namanya alkohol yang entah kenapa identik dengan penyambutan awal tahun masehi. Bukan hanya itu, mungkin baru kali ini penutupan tahun dan penyambutan tahun baru saya lalui dengan status single atau jomblo. Tidak sedang dalam status berpacaran dengan siapapun.

Meski demikian, bukan berarti pada detik-detik pergantian tahun saya dalam kondisi yang tidak senang dan bahagia atau yang kerap disebut dengan galau. Justeru dengan kondisi itu, saya merasa sangat berbahagia dan sangat bersyukur. Karena kondisi itu, saya bisa memastikan jika diri saya dalam mengawali tahun 2017 sedikit lebih baik dari tahun sebelumnya. Tanpa menyentuh alkohol, tanpa menghambur-hamburkan uang yang memang saya tidak punya lebih, dan yang pasti saya mengawali tahun ini tanpa perbuatan kemaksiatan.

Meskipun diawal tahun, ini sebenarnya saya sedang dekat dengan seseorang yang juga sangat berbeda dengan kebanyakan perempuan lainnya. Saya bersama perempuan berinisial NH ini melewati pergantian tahun ini dengan sangat sederhana, Hanya kumpul bersama beberapa orang dan bercerita seperti hari-hari biasa. Tetapi karena kondisi hati yang begitu nyaman dengan keberadaannya, sehingga suasana terasa lebih special dan begitu indah. (Terima Kasih NH). Meski bersama dia yang membuat hati saya selalu nyaman(bukan pacar) tetapi kami tidak melakukan tindakan diluar kewajaran, karena memang kami tidak ada ikatan apapun, dan kami yakin rasa nyaman itu lahir bukan karena dorongan negatif.

Menghindari perbuatan dan tindakan negatif diawal tahun 2017 memang sudah niat yang tulus dalam hati. Karena saya merasa ada hal yang belum maksimal bagi saya dalam menjalani proses kehidupan belakangan ini. Padahal disetiap pergantian tahun harapan saya selalu sama, bahwa ditahun mendatang saya harus lebih baik dalam melalui proses kehidupan dan tentunya sangat berharap dapat mewujudkan apa yang selama iniu menjadi cita-cita saya, dan harapan terbaik dari orang-orang yang ada disekitar saya, khususnya keluarga.

Sehingga karena itulah, saya sadar bahwa ternyata salah satu penyebab saya tidak maksimal dalam pencapaian disetiap tahun-tahun berlalu, karena harapan dan niatan di awal tahun tidak berbanding lurus dengan perilaku dan tindakan saya dalam keseharian, terkhusus pada detik-detik awal tahun baru masehi. Harapan yang terucap dari bibir dan tertulis dalam berbagai Medsos ternyata hanya sebatas harapa saja, yang mungkin saya harus sedari bahwa itu hanya mengikuti trend di Medsos.

Berharap hidup lebih baik di tahun-tahun mendatang, tetapi dalam proses penyambutan tahun baru atau dalam mengawali tahun yang baru ternyata dihiasi  dengan tindakan dan perilaku yang negatif, dan sangat tidak bermanfaat, bahkan bertolak belakang serta tidak sejalan dengan apa yang dicita-citakan, yakni kehidupan yang lebih baik.

Saya sadar betul, bahwa untuk menjalani proses kehidupan yang lebih baik, maka yang terpenting adalah bagaimana memulainya dengan tindakan yang positif. Jika ingin kehidupan di tahun 2017 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, maka perilaku dalam penyambutan tahun baru dan detik-detik awal tahun baru harus baik dulu. Jangan awali tahun dengan kebiasaan pesta dengan minuman keras. Mengawali tahun dengan perbuatan maksiat. Hura-hura menghamburkan uang dengan membakar kembang api. Ugal-ugalan dalam berkendara dan banyak hal tradisi negatif dalam proses pergantian tahun.

Jika tak sempat melaksanakan Dzikir dan Do'a bersama dengan keluarga, maka minimal tidak melakukan tindakan yang sudah jelas beresiko pada nilai-nilai kebaikan kita. Memang tidak mudah untuk menjadi manusia yang 100 persen baik, tetapi minimal yang menjadi orang yang buruk. Teruslah berproses mendekati kesempurnaan, berupaya menjadi orang yang lebih baik dan senantiasa berusaha dengan tekad dan kesungguhan bahwa tidak boleh lagi ada kekeliruan, kesalahan dan tindakan mengikis nilai-nilai kebaikan yang kita lakukan.

Niatkan dalam hati, bahwa kita harus lebih baik dimasa mendatang. Awali 2017 dengan keindahan, sehingga kedepan kita kita lebih baik dalam menjalani proses kehidupan. Semoga benar-benar hidup kita lebih baik di Tahun 2017. 

Terima Kasih Tahun 2016 yang telah memberikan banyak pelajaran. Terima kasih atas satu tahun yang berkesan nan penuh makna, Sekali lagi Terima Kasih !!! (*)

Share:

0 komentar :

Posting Komentar

PARTAI POLITIK

PARTAI POLITIK
PSI ADALAH PARTAI ANAK MUDA DAN PEREMPUAN

QUOTES

QUOTES

Laman

IKLAN

IKLAN
Segenap Pengurus DPD II KNPI Kota Palopo Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016