Rabu, 21 Desember 2016

"Om Telolet Om" ; Teriakan Anak Indonesia Jadi Perhatian Duni


"Om Telolet Om". Sebuah kalimat yang bernada permohonan yang dilontarkan oleh sekelompok anak kecil itu, kini menjadi trending topik. Aksi anak-anak indonesia ini kemudian mampu menarik perhatian dunia.

Bahkan, bukan hanya dari kalangan anak-anak saja, sebagaimana mereka yang memulai membuat tenar istilah ini. Tetapi tokoh-tokoh dunia dari berbagai latar belakang juga terjangkit virus "om telolet om' ini. Mulai dari selebriti mancanegara, atlet sepak bola dunia sekelas Messi dan dan Ronaldo, hingga pebalap sekelas Marc Marques. Bahkan seorang presiden yang berkuasa di negara adidaya Amerika Serikat, Donal Trump, juga terjangkit fenomena "Om Telolet Om".

Nah, tokoh kelas dunia saja, ikut hanyut dalam fenomena yang awalnya hanya sebagai hobi atau kesenangan seumlah bocah di Pulau Jawa mendengarkan klakson bernada telolet itu. Bagaimana dengan tokoh-tokoh nasional, regional dan tingkatan lokal Luwu Raya? Tentunya Fenomena ini juga membuat mereka terjerembab. Menteri perhubungan misalnya juga ikut membahasa soal telolet, meskipun dari perpektif lain. Di Luwu Raya, foto Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bahkan sudah tersebar di medsos dengan memegang sebuah kertas yang bertuliskan "bu Telolet bu". Foto Bupati berparas cantik itu diambil tepat di halaman rumah jabatan Bupati Luwu Utara.

Tidak banyak yang mengetahui pasti asal muasal dan sejarah munculnya ide tentang "Om Telolet" itu. Namun dari berbagai sumber yang ditemukan Redaksi Radar Luwu Raya menyebutkan, bahwa aksi "om telolet om" awalnya hanya sebuah hobi mendengarkan klakson dengan variasi bunyi yang dianggap menarik. Akhirnya sekumpulan anak di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur mencoba merekam setiap bus dan mobil truk yang menggunakan klakson variasi seperti bunyi telolet, saat melintas. Dari hasil rekaman itu kemudian digabungkan antara bunyi dan bus yang satu dengan busa lainnya.

Setelah digabungkan, para bocah penikmat klakson telolet itu kemudian mengunggah setiap video hasil kreasinya itu ke Youtube. Disinilah ihwal "Om Telolet Om" itu menjadi trending topik. Meskipun sejak enam tahun lalu aktivitas seperti itu sudah mulai dilakukan oleh anak-anak di Jawa Timur dan berbagai Kota lainnya di Pulau Jawa. Hanya Saja, wabahnya baru kemudian merembes kemana-mana hingga ke seluruh dunia setelah video Kreasi anak-anak negeri itu ditonton dan dibagikan oleh tokoh-tokoh dunia. Termasuk saat sejumlah DJ papan atas dunia memasukkan kata Telolet kedalam setiap aransemen musik DJ mereka.

Sebutan telolet sendiri berasal dari suara klakson bus yang diburu oleh orang terutama remaja dan anak-anak. Suara klakson telolet dari bus memang fenomenal dan memancing anak-anak di berbagai daerah untuk mengabadikan. Bunyi yang seakan menyebut kata “telolet” sendiri tak lain adalah bunyi klakson bus antar-kota. Anak-anak meminta om sopir bus mengeluarkan bunyi “telolet” ketika melintas. Maka dari itu, ujung-ujungnya fenomena ini disebut “om telolet om”, mencontohkan permintaan anak-anak ke om sopir.

Fenomena “’om telolet om’ ini merupakan seruan dari sejumlah orang ketika ada bus besar lewat. Bunyi klakson yang nyaring dan khas mungkin bisa dikatakan alasan utama ‘demam’ ini muncul. Sekedar jadi hiburan, suara tersebut terlihat sukses membuat gelak tawa hadir, terutama bagi anak-anak.

Awalnya dalam sederet video, terlihat hanya anak-anak saja yang berburu klaskon telolet tersebut. Namun seiring bertambah kepopulerannya, tak jarang orang dewasa pun melakukan hal yang sama. Pengunggah video “om telolet om” hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi video “om telolet om” yang muncul dan jadi guyonan. Tak cuma “om telolet om” dari bus antar-kota, ada juga dari penjual es krim yang tak kalah menggelitik. Beberapa orang pun membuatkan video “om telolet om” versi pesawat.

Bahkan, sang selebgram, Ria Ricis rela membuat video khusus tentang fenomena “Om Telolet Om” ini. Ria dibantu rekannya membuat Telolet Om Challenge. Dalam video berdurasi 3,12 menit itu, Ria rela berada di tepi jalan dan menunggu berlama-lama untuk mendapatkan bunyi “telolet” dari bus besar yang melintas. Setelah menunggu lama, akhirnya adik dari artis Oki Setiana Dewi ini mendapatkan cita-cita yang diinginkan, mendengarkan bunyi telolet dari klakson bus.

Rona bahagia pun muncul dari wajah Ricis. Disitu ada “om telolet” om, disitu kami bahagia. Bahkan fenomena Om Telolet Om juga menjadi pembahasan dan sorotan di beberapa media luar negeri. Seperti artikel yang ditulis Billboard.com. Laman tersebut menulis banyaknya musisi dunia yang memperbincangkan Om Telolet Om.

"Dance Music World Completely Confounded By Trending Indonesian Meme 'Om Telolet Om'," tulis laman Billboard.com, Rabu (21/12). Dalam pembahasan itu terdapat beberapa cuitan musisi dunia soal Om Telolet Om. Seperti yang diungkapkan DJ Snake, Martin Garrix, Marshmello, dan lainnya.(*)
Share:

0 komentar :

Posting Komentar

PARTAI POLITIK

PARTAI POLITIK
PSI ADALAH PARTAI ANAK MUDA DAN PEREMPUAN

QUOTES

QUOTES

Laman

IKLAN

IKLAN
Segenap Pengurus DPD II KNPI Kota Palopo Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016